Somata News,  
webinar kesehatan mental pekerja dan budaya organisasi lingkup PT.RS Pelabuhan pada hari Rabu, 26/6/2024 pukul 13.00 sd 15.00 WIB.


Peserta webinar sebanyak 300 orang masing-masing dari Perwira PT Rumah Sakit Pelabuhan dan Unitnya serta Anak Perusahaan Pertamina Bina Medika IHC dan masyarakat umum.


Dr.dr.Efrila, SH.,MH, mewakili pimpinan PT.RS Pelabuhan "sebagai keynote speech" sampaikan selamat datang para peserta webinar kesehatan mental pekerja dan budaya organisasi,


dr. Efrila dalam arahannya tekankan pelayanan kesehatan mental pekerja dan budaya organisasi yang menjadi indikator dalam upaya peningkatan  produktifitas perusahaan khususnya dalam lingkup RS Pelabuhan, sambungnya.


Pelayanan kesehatan mental pekerja  yang diberikan PT RS Pelabuhan merupakan salah satu bentuk layanan  kolaborasi antara Psikologi, dokter spesialis okupasi, dan dokter spesialis kesehatan jiwa, pungkasnya.


Adi Sasongko, S.Psi M.Psi., Psycholog," yang disapa dengan Bpk.Sasongko,  sebagai pemateri utama  mengurai secara tuntas peran kesehatan mental pekerja dan budaya organisasi dalam menciptakan pekerja yang aktif dengan produktifitas yang tinggi, tuturnya.


Tentu tak semudah yang dibayangkan tanpa didukung oleh mekanisme pelayanan perusahaan khususnya dalam manajemen sistem keselamatan dan kesehatan kerja "MSK3" yang bagus, sautnya.


Pak Sasongko menjelaskan 4 (empat) masalah kesehatan mental yang perlu dijaga dan diperhatikan bagi setiap pekerja yakni 1)burnout " tidak ada energi untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi", 2)Anxiety " takut dengan masa depan dan karier",3) demotivated " malas, tidak bersemangat", 4)parenting "komunikasi dan cara mendidik anak dengan perbedaan organisasi".


Sementara budaya organisasi perlu ditanamkan secara berkelanjutan dengan stigma AKHLAK yakni Amanah, kompeten, harmonis, Loyal, adaptif, dan kolaboratif. Ujarnya.


Dinamika dalam sesi tanya jawab peserta dapat dikendalikan oleh pemateri atas  peran moderator andal, "Bpk. Endy Suyatno, S.Kep.,Ns, M.Kep., FISQua" yang disapa dengan pa Endy. red