Diet yang terlalu ketat dengan pembatasan makanan dapat menjadi berbahaya bagi kesehatan. Fokus berlebih pada menu makanan rendah lemak atau makanan tertentu dapat menimbulkan kekurangan gizi penting. Kondisi ini dapat mengganggu fungsi tubuh dan melemahkan sistem imun. Sebaiknya, pola makan seimbang dengan aneka makanan bergizi lebih disarankan. Meskipun diet mayo dapat membantu menurunkan berat badan, perlu diperhatikan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi yang cukup. Karena itu, sebaiknya konsultasi dengan ahli gizi sebelum memulai diet semacam ini.


Banyak orang, terutama wanita, berharap untuk memiliki penampilan yang menarik. Tidak heran jika banyak wanita bekerja keras untuk terlihat cantik, dari melakukan diet sederhana hingga membatasi asupan makanan dengan ketat. Namun, apakah upaya-upaya tersebut efektif?


Klinik Mayo di AS telah mengembangkan program diet yang dikenal sebagai Diet Mayo. Diet ini dilakukan dengan tidak mengonsumsi garam selama 13 hari. Jika Anda makan garam dalam rentang waktu kurang dari 13 hari, maka Anda harus mengulangi proses dari awal. Meskipun terdengar ketat, Diet Mayo telah terbukti dapat menurunkan berat badan hingga 8 kilogram.

Mengenal Lebih Dekat Metode Diet Mayo

Kelebihan berat badan seringkali disebabkan oleh kelebihan cairan dalam tubuh. Garam memiliki kemampuan untuk memerangkap air, sehingga air tersimpan di dalam tubuh. Jika asupan garam dikurangi, air akan keluar melalui urin dan feses. Oleh karena itu, dengan tidak mengonsumsi garam selama 13 hari, berat badan Anda akan turun secara cepat. Namun, penting diingat bahwa tujuan utama adalah untuk menghilangkan lemak, bukan hanya air dalam tubuh.
Seperti halnya diet pada umumnya, diet Mayo juga memiliki menu makanan tertentu yang harus Anda konsumsi selama 13 hari. Menu makanan yang dianjurkan tersebut adalah


Dianjurkan untuk sering minum air mineral setidaknya 8 gelas atau 2 liter setiap hari selama menjalani pembatasan makanan mayo. Selain itu, disarankan untuk melakukan diet mayo minimal satu kali dalam setahun berdasarkan hasil pengamatan.

Apakah diet mayo aman untuk Anda?

Ya, diet ini dapat bermanfaat jika dilakukan dengan benar. Pembatasan konsumsi makanan mayo dapat membantu mengurangi asupan kalori, namun tetap menjamin nutrisi yang seimbang dan kaya serat. Selain itu, pembatasan garam juga baik untuk kesehatan. Jadi, tidak perlu khawatir akan kekurangan gizi. Bagi Anda yang ingin membatasi makanan, diet mayo dapat menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan.