Air zam-zam merupakan air yang suci dan berkah menurut ajaran Islam. Air tersebut diyakini memiliki berbagai manfaat bagi umat Muslim. Antara lain, air zam-zam dapat menyembuhkan penyakit, menghilangkan rasa haus dan lapar, serta memenuhi kebutuhan spiritual. Selain itu, air zam-zam juga diyakini dapat mendatangkan kebaikan dan kemudahan dalam hidup. Oleh karena itu, air zam-zam dianggap sebagai air yang istimewa dan diberkati oleh Allah SWT.


Sebagai Muslim, kita pasti sudah tidak asing lagi dengan air zamzam. Air suci yang penuh berkah ini hanya bisa ditemukan di Kota Mekah, Arab Saudi, tempat di mana Islam pertama kali lahir. Air ini sering menjadi oleh-oleh yang wajib dibawa bagi mereka yang berkunjung ke Mekah, baik saat menunaikan ibadah haji maupun umrah.


Sumur atau mata air zamzam berada di area Masjidil Haram, Kota Mekah, tepatnya di sebelah tenggara Baitullah. Sumur ini memiliki kedalaman 42 meter dan tidak pernah kering sejak zaman Nabi Ismail hingga saat ini, meskipun jutaan liter air telah diambil. Air higienis dari sumur ini terus mengalir dengan melimpah tanpa henti.


Zamzam dalam bahasa Indonesia berarti "banyak dan melimpah ruah", sesuai dengan kondisi sumur air zamzam yang selalu memancarkan air dengan melimpah dan tidak pernah habis, meskipun lokasinya berada di padang pasir yang gersang dan tandus, seolah-olah mustahil untuk menghasilkan sumber air yang begitu banyak dan berlimpah.


Keistimewaan air zam-zam

Air zam-zam ialah air yang mempunyai keistimewaan dan keutamaan ketimbang air manapun dimuka bumi, keistimewaan dan faedah air zam-zam telah di sebutkan oleh Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wasalam pada hadist dalam Silsilah Ash Shahihah no. 1056 dan dihasankan oleh Syaikh Al-Albani.

وخير ماء على وجه الأرض ماء زمزم، فيه غذاء ودواء للأمراض.

“Sebaik-baik air di tampang bumi adalah air zam-zam. Air tersebut mampu menjadi kuliner yang mengenyangkan dan bisa sebagai obat penyakit.”

Dari kutipan hadits tersebut jelas bergotong-royong Rasulullah menyampaikan sebetulnya air zam-zam merupakan sebaik-baik air yang ada dimuka bumi, dengan meminum air zam-zam tak hanya akan menetralisir haus dan dahaga semata, akan namun juga bisa membuat kenyang perut yang lapar.

Selain itu masih berdasarkan hadits tersebut, manfaat air zam-zam juga mampu digunakan selaku obat untuk berbagai macam penyakit. Jadi selain selaku minuman yang membuat kenyang, mengonsumsi air zam-zam juga mampu sebagai obat mujarab untuk penyakit yang anda alami.

Tak hanya itu, air zam-zam juga merupakan air yang diberkahi oleh Allah subhanahu wata’ala, hal itu telah disinggung dalam hadits Rasulullah yang diriwayatkan oleh imam Muslim:

إِنَّهَا مُبَارَكَةٌ إِنَّهَا طَعَامُ طُعْمٍ

“Sesungguhnya air zam-zam yakni air yang diberkahi, air tersebut yakni kuliner yang mengenyangkan.” (HR. Muslim no. 4520)

Keistimewaan air zam-zam yang lain ialah ialah air yang menjadi mediator mustajabnya suatu do’a bagi peminumnya, sebab itu sebelum meminum air zam-zam kita direkomendasikan untuk berdo’a sesuai hajat masing-masing. Hal itu menurut hadits rasulullah berikut ini:

مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ

“Air zam-zam sesuai cita-cita saat meminumnya.” (HR. Ibnu Majah)

Maknanya do’a apa saja yang yang di ucapkan saat meminum air zam-zam ialah do’a yang mustajab dan mudah dikabulkan oleh Allah subhanahu wata’ala.

Manfaat Istimewa Air Zam-Zam

Setelah memahami keunggulan air zam-zam berdasarkan hadits Nabi, kini mari kita bahas lebih lanjut tentang berbagai khasiat yang bisa kita raih dari air suci ini. Berikut rangkuman dari sumber terpercaya mengenai manfaat-manfaat air zam-zam yang dapat anda peroleh.

  • Air zam-zam merupakan minuman yang mengenyangkan
  • Zam-zam merupakan air murni yang bagus untuk kesehatan peminumnya
  • Mengandung flourida yang merupakan zat anti basil sehingga berguna untuk menyembuhkan aneka macam penyakit
  • Merupakan air yang menjadi sebab makbulnya do’a peminumnya
  • Mengandung 2 mineral kalsium dan magnesium sehingga menyegarkan bagi yang meminumnya
  • Tak mengandung mikro organisme sehingga tak berkembang lumut pada air zam-zam
  • Air zam-zam akan melancarkan metabolisme badan
  • Menambah energi bagi ibu hamil

Minum air zam-zam tidak hanya memberikan manfaat kesehatan yang tak terhitung, tetapi juga membawa berkah tersendiri bagi mereka yang merasakan nikmatnya. Jika Anda belum pernah mencobanya, saya sarankan untuk segera melakukannya. Anda dapat dengan mudah memperoleh air zam-zam yang asli dari Mekah melalui berbagai distributor online maupun lokal di tempat tinggal Anda. Dengan mengonsumsi air suci ini, Anda akan menemukan keajaiban yang tidak saya sebutkan di atas. Semoga air zam-zam membawa manfaat yang tak terhingga bagi Anda.