Notification

×

Iklan

Iklan

Most Popular Tags

Surveior LAFKESPRI Dorong Puskesmas Tahai-Central Kalimantan Project Tingkatkan Upaya Mutu Berkelanjutan

Jumat, 03 Mei 2024 | Mei 03, 2024 WIB Last Updated 2024-05-08T04:30:21Z
    Share


Sorot Mata News
, survei akreditasi Puskesmas Tahai- Central Kalimantan  Project pada tgl.25 April dan 02-03 Mei 2024


Kepala dinas kesehatan kabupaten Pulang Pisau Turut hadir selama proses daring survei sampai exit conference bersama dengan seluruh jajaran dinas kesehatan kabupaten Pulang Pisau.


dr. Pande Putu Gina, disapa dengan Pak Pande, "Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau" saat sambutan daring survei akreditasi Puskesmas Tahai - Central Borneo, ucapkan terima kasih  kepada LAFKESPRI atas kerjasamanya dalam pelaksanaan survei akreditasi  fasyankes baik puskesmas maupun klinik di Kabupaten Pulang Pisau sejak tahun 2023.



Pak Pande, katakan bahwa  dukungan puskesmas tahai terhadap  pelayanan kesehatan  dengan fasilitas dan sarana prasarana serta SDM yang kompeten. Saya berharap agar

semua masukan dan arahan Surveior segera ditindak lanjuti dengan cepat semua standar   akreditasi puskesmas.


Ely Rahmawati, SKM, disapa dengan Bu Ely, " Kepala Puskesmas Tahai-Central Kalimantan Project",  saat membuka daring survei akreditasi pada tgl. 25/04/2024 berikan apresiasi kepada LAFKESPRI yang telah menugaskan Surveiornya dalam rangkaian pelaksanaan akreditasi puskesmas kami.



Bu Ely, paparkan   profil puskesmas dengan program kegiatannya termasuk capaian Indikator Nasional Mutu (INM) dan Indikator Keselamatan Pasien (IKP) sebagai progres upaya peningkatan mutu puskesmas yang telah dilakukan. Sambungnya


Wilayah kerja Puskesmas Tahai yang berada pada 2 kecamatan, yaitu Maliku dan Pandih Batu dengan luas wilayah sekitar 864,35 km2 tentu memiliki permasalah tersendiri dalam upaya peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan pasien .


Desa Tahai Jaya kec.Maliku Kab.Pulang Pisau yang menjadi lokasi Puskesmas Tahai sangat dikenal  dengan penamaan food estate oleh Kemenkes RI, dan semakin dikenal setelah dikunjungi oleh presiden Jokowi dan Menham Prabowo Subianto pada awal Juli 2020 lalu, serta tahun 2023 telah dikunjungi oleh Menteri Pertanian dan Pangan. Menurut info terbaru, kembali akan dikunjungi

Pejabat kepresidenan dalam rangka kunjungan kerja wantimpres Dr.H.Soekarwo, S.H.,M.Hum.



Suharmi, S.Kep.,Ns., MARS, disapa Bu Harmi, sebagai ketua tim survei, saat telusur temukan kesesuaian antara fakta dan dokumen standar akreditasi puskesmas.


Hasil telusur jaringan fasilitas tepatnya di Pustu Belanti Riam, membuktikan kreativitas dan aktifitas para kader melalui kelompok kesenian Tresno Budoyo bagi lansia yang dibina langsung oleh Bidan setempat. Ujar Bu Harmi 


Menurut Suhartini "Bidan Desa Tahai" yang dikonfirmasi mengatakan bahwa tarian tersebut mencerminkan tarian budaya hidup sehat yang dilakukan oleh para kelompok lansia.


Sementara  dr.Anang Argo Yuwono, yang disapa dr. Anang, sebagai anggota tim survey, dalam fakta telusurnya menunjukkan bahwa  upaya mutu yang dilakukan masih perlu ditingkatkan.


Teras ,SKM.,MM, yang hadir saat exit conference menggantikan kepala dinas Kab.Pulang Pisau, sampaikan terima kasih atas bimbingan Surveior mulai saat daring sampai telusur. Kami berharap agaru arahan Surveior dapat ditindaklanjuti, sekaligus menjadi closing statemen, ucap pa Teras.


Bu Ely, diakhir sesi exit conference, ucapkan terima kasih kepada Dinkes Pulang Pisau dan Tim TPCB atas dukungan yang luar biasa, dan ucapan terimakasih kepada seluruh pegawai Puskesmas Tahai yang sudah berjuang secara maksimal untuk mempersiapkan akreditasi sampai selesai akreditasi. Bu Kapus mewakili seluruh pegawai sampaikan terimakasih dan permohonan maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama proses akreditasi berlangsung.


HPK LAFKESPRI Korwil Kalteng melaporkan dari Kapuas *..hat*

3