Notification

×

Iklan

Iklan

Most Popular Tags

Pengukuhan surveior dan Primary Health Care Expo Jadi Acara Pembuka Rakernas-1 LAFKESPRI

Jumat, 03 Mei 2024 | Mei 03, 2024 WIB Last Updated 2024-05-04T08:27:16Z
    Share


Sorot Mata News,
Dirjen Mutu Kemenkes RI Ibu Siti Rahayu membuka Rakernas Pertama LAFKESPRI pada hari Jum'at, 3/5/2024 pukul 14.00


Pemukulan gong sebagai pertanda dimulainya rakernas  Pertama LAFKESPRI yang berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 3-5 Mei 2024.


Ketua panitia pelaksana rakernas pertama LAFKESPRI "dr Ardiansyah Bahar., MKM", sampaikan selamat datang para  Surveior dan pengurus lafkespri pusat dan provinsi seluruh indonesia dan para undangan termasuk perwakilan LPA dan OP yang sempat hadir  dalam rangka rapat kerja nasional untuk pertama kalinya.



dr.Ardi, melaporkan jumlah  peserta rakernas yang hadir mencapai 500 orang dan rundown acara selama 3 (tiga) hari mulai tgl.3-5 Mei 2024 mulai pembukaan dengan rangkaian acara pengukuhan surveior dan seminar Primary Health Care Expo serta gala dinner.


Dr.Drs. Chazali H.Situmorang, Apt., M.Sc., CIRB, " Ketua umum LAFKESPRI" dalam arahannya saat pembukaan sampaikan penghormatan yang setinggi-tingginya kepada  yang mewakili dirjen Mutu Kemenkes RI atas kesediaannya hadir sekaligus membuka acara rakernas pertama LAFKESPRI.


Hal senada disampaikan kepada dr Kuntjoro, AP., M.Kes yang mewakili ketua dewan pembina LAFKESPRI yang berhalangan hadir " drg. Moeryono Aladin, SIP., SH.,MM sebagai pencipta mars LAFKESPRI, begitupula kepada dr. Taufik Hidayat, M.M.,AAK.,CHIP, yang mewakili ketua dewan pengawas yang lagi bertugas di luar Negeri "drg. Usman Sumantri, M.Sc", beserta seluruh perwakilan LPA dan organisasi profesi yang sempat hadir.


Beliau sampaikan selamat datang kepada Surveior dan pengurus LAFKESPRI di 37 propinsi kecuali Korwil Sulawesi Utara yang berhalangan hadir karena penerbangan  Bandara Samratulangi Manado ditutup akibat letusan gunung merapi Sitaro.


Bpk Chazali mengungkap sejarah dengan penuh semangat mulai terbentuknya sampai disahkannya 13  LPA oleh Kemenkes RI termasuk LAFKESPRI yang ditempatkan di deretan nomor satu.



Tak kalah menariknya dibalik perjuangan para pendiri yang tertuang dalam struktur dewan pembina, dewan pengawas, dewan etik, dewan pakar dan dewan pengurus yang pantang menyerah hingga terbentuknya perwakilan LAFKESPRI di 38 provinsi, membuat  LAFKESPRI jadi LPA yang paling tersohor.


Prestasi atas capaian akreditasi faskes sebanyak 1.828 puskesmas dan 2.304 klinik dari 5000 DFO faskes dengan jumlah Surveior 1200 terbesar kedua dari 13 LPA .


dr.Kuntjoro, AP.,M.Kes dalam arahannya sampaikan permohonan maaf atas ketidak hadiran ketua dewan pembina sekaligus berikan penghormatan atas kerja keras beliau menuntun kepengurusan lembaga ini hingga menjadi yang terbaik.


Beliau menegaskan bahwa komunikasi yang efektif dan transparan menjadi kata kunci strategis  agar kita bisa saling berbagi dalam menjalankan tugas kepengurusan

dengan mulus, sehingga tata kelola kepengurusan pusat sampai daerah berjalan dengan lancar.tegasnya


Kuntjoro berikan yel yel untuk Indonesia dengan gerakan stop TB dan  Lafkespri dengan simbol tambatan hati, sekaligus menjadi closing statemen bahwa TB di Indonesia harus dicegah, sementara  LAFKESPRI menjadi pilihan faskes dalam akreditasi. Ujarnya. 


Siti Rahayu, yang disapa Bu Ayu, mewakili Dirjen Mutu Kemenkes RI, beri apresiasi yang setinggi- tingginya atas  perjuangan teman-teman LAFKESPRI mulai dari proses verifikasi LPA sampai saat ini dapat memberikan yang terbaik dari semua aspek dalam mendukung upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan di 38 provinsi di Indonesia.


Hal ini bukan hal mudah tanpa didukung oleh lembaga dengan SDM yang kuat, dan dapat dibuktikan kinerja dan prestasi yang luar biasa sesuai hasil akreditasi faskes untuk puskesmas dan klinik tahun 2023. Selamat mengikuti rakernas pertama LAFKESPRI . ungkap Bu Ayu.


Seminar Primary Health Care Expo usai seluruh rangkaian pembukaan dan pengukuhan surveior melalui narsum fenomenal "dr.Ariaty Wahidah Daud, MARS", yang mengurai materinya dengan lugas  " Manajemen risiko dan implementasinya di FKTP" dan memberikan challenge  bagi 4 penanya yang terbaik akan mendapatkan hadiah darinya.


Galadiner yang  menjadi agenda rakernas hari pertama pada malam hari memberikan kesan kebersamaan dan keanekaragaman kultur budaya dalam suasana silaturahmi antara korwil dari 37 provinsi.


Endy Suyatno, Ns, S.Kep.,M.Kep bersama dengan dr. Alfiatur Rizki.,MKM, yang disapa dr. Alfy, yang menjadi pengendali acara larut dalam suasana meriah yang diikuti oleh seluruh pengurus pusat dan wilayah dengan penampilan lagu dan tarian serta penampilan lainnya yang tidak kalah hebohnya dari masing-masing wilayah dan daerah.


Partisipasi peserta yang  dinilai  berdasarkan  nominasi baju adat terbaik  bagi laki-laki dan perempuan serta penampilan korwil terbaik menjadi suguhan galadiner yang sangat menyenangkan, sambung dr. Alfy


Korwil Lampung terpilih sebagai penampilan baju adat perempuan terbaik, disusul dengan Bali, dan

Aceh, sementara

 baju adat laki-laki. terbaik adalah korwil Bali, Jatim dan Sumatera Barat.Ungkapnya


Lain halnya dengan korwil dengan persembahan terbaik disematkan kepada 

Korwil sumatera Barat disusul dengan Bali dan Jatim. Pungkasnya


Sementara korwil dengan penyumbang survei terbanyak diberikan kepada korwil Jatim serta nominasi korwil sebagai pendamping faskes terbanyak diberikan kepada korwil Jateng. Ucap dr. Alfy.


Kilau lampu dan sorak peserta tak terbendung saat nyanyian lagu Rungkad sontak membuat suasana ruangan menjadi panggung berjoget sekaligus menutup seluruh rangkaian acara rakernas hari pertama.


Komparten HPK LAFKESPRI melaporkan dari Aula hotel royal Kuningan Jaksel.. *hat*

3