Somata.news
Aipda Jaenal Nurdin Bhabinkamtibmas Desa Beringin Jaya melakukan Sosialisasi di Masjid Al-fatah Beringin Jaya setelah selesai Sholat Jum'at (15/03/2024) terkait penggunaan knalpot brong atau racing kepada pemilik kendaraan baik itu roda dua maupun roda empat.


Kapolresta Kota Tidore Kepulauan melalui Aipda Jaenal Nurdin selaku Bhabinkamtibmas mengatakan dalam sosialisasi kali ini disetiap Masjid dan Gereja pada, terutama sebelum sholat tarawih agar masyarakat dengar langsung.


“Penggunaan knalpot brong sangat mengganggu kenyamanan dan meresahkan masyarakat, apalagi ini bulan Ramadhan jadi kita harus menghormati bulan yang penuh berkah ini dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran para pemilik kendaraan untuk tidak memakaikan knalpot brong lagi, dan saya tidak akan segan-segan keliling kerumah rumah untuk menrazia klanpot racing. ucapnya.


Menurutnya, pemakaian knalpot terhadap kendaraan ada aturannya. Kalau menggunakan knalpot tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan termasuk knalpot brong/racing, dapat sanksi pidana atau denda sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Pasal 285 ayat (1) mengatur tentang persyaratan teknis dan laik jalan yang tidak memenuhi standar. Dari yang tertuang pada UU Nomor 22 Tahun 2009, denda yang dikenakan bagi pelanggar aturan knalpot brong mulai dari Rp 250 ribu hingga jutaan rupiah. Termasuk dalam hal kebisingan suara yang termaktub dalam pasal 48 ayat 3b.


Dalam ketentuan tersebut salah satunya adalah larangan penggunaan knalpot bising/bogar/brong.


“Menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk mendukung penertiban dan penegakan hukum terhadap pelanggaran knalpot Brong yang dilakukan oleh Polri, karena keberadaan knalpot Brong betul-betul sangat meresahkan masyarakat,” pungkasnya.


Terakhir pesan saya sebagai Bhabinkamtibmas di Desa Beringin Jaya khusus anak anak muda pergunakan waktu mu di bulan Ramadhan ini dengan hal hal positif, perbanyak beribadah dengan cara cara mengaji, bersholawat kepada Baginda Rasulullah SAW, perbanyak bersedekah dan membantu kedua orang tua kita. Tutup nya. Husain